Kamis, 13 Juni 2019

Bulu Perut Cuek Ajah

Jangan-Jangan Punya Penis?

Ingatkah kalian ketika kita dulu masih kecil, di mana yang kita tahu hanyalah bermain dan hidup dalam kenaivan ala anak-anak yang menyenangkan? Semua kita, asal-muasalnya, bahkan tidak tahu apa jenis kelamin kita hingga usia tertentu di mana orang-orang di sekeliling kita mulai mewanti-wanti, „Kamu itu anak perempuan, jangan begini, jangan begitu!“ Atau „Kamu itu laki-laki, harusnya begini dan begitu!“ Dari situlah si anak, secara sadar, belajar MENJADI perempuan atau MENJADI laki-laki. Hal yang sama terjadi dalam perkembangan si anak selanjutnya. Termasuk ini: kita jadi tahu dari sekitar kita bahwa yang boleh banyak bulu itu hanyalah laki-laki. Saya bahkan waktu kecil tidak tahu bahwa saya banyak bulu—lebih tepatnya saya tidak perhatikan dan tidak peduli. Saya JADI perhatikan dan peduli karena itu disebut-sebut terus oleh orang-orang sekitar saya. Seolah itu momok yang menarik perhatian mereka, yang tidak akan mereka biarkan lolos dari topik pembicaraan. Berapa lama kemudian saya rasa bulu-bulu saya telah berubah menjadi SATU-SATUnya yang menarik perhatian orang-orang itu dari penampilan fisik luar saya. Sementara saya tidak ingin diperhatikan hanya karena saya berbulu. Hey, saya tidak hanya terdiri dari bulu-bulu. Setiap kali saya diajak bicara tentang bulu-bulu badan saya tanpa dasar obrolan yang jelas, saya selalu membatin, sebegitu pentingnyakah bulu saya bagi Anda?

Bulu badan adalah tema yang lumayan esensial di antara kaum hawa. Saya sendiri adalah orang paling berbulu dengan jumlah yang cukup menarik perhatian. Bulu-bulu badan saya tersebar secara merata dan berdomisili di setiap sentimeter kulit saya. Saya „sempat“ kewalahan dibuatnya. „Sempat“ yang saya maksudkan dalam kasus ini tidak terjadi suatu hari dan berakhir pada hari berikutnya, namun terjadi dalam rentang waktu hampir dua puluh tahun.

Tumbuhnya Subur Tanpa Pupuk
Saya cukur, tumbuhnya kasar. Saya cabut, tumbuhnya bengkok. Mau waxing, sayang duit. Kalau saya biarkan saja, nanti bulu-bulu saya sedot unnecessary public attention lagi. Pakai baju yang buka perut tidak bisa, yang buka bahu tidak bisa, lengan pendek tidak bisa, habisnya di mana-mana berbulu sih. Aaargh, saya lumayan dibuat repot memikirkan itu. Pasalnya kalau ingin total bebas bulu dan kinclong ala cacing tanah, saya harus banting sekarung duit.

Beberapa waktu lalu saya akhirnya mengutarakan keisengan saya yang banal ke teman-teman kerja saya:  saya ingin memiliki piercing di pusat. Ya, di perut. Mereka lantas ingin lihat perut saya (mereka cukup normal?), saya angkat kaos polo kerja saya, „Kau mungkin seharusnya waxing bulu-bulu itu. Musim panas begini keren kalau pakai Crop Top dan tindik di pusat.“ Kalimat pertama mereka. Saya tidak kaget!!!

Ide piercing ini sudah datang beberapa bulan yang lalu dan saya anggap enteng karena saya pikir itu ide banal yang saking banalnya akan sirna kapan-kapan; saya akan melupakannya dan menganggapnya tidak pernah singgah di kepala. Setengah tahun kemudian saya masih menginginkan piercing itu di pusar saya, hingga saya menyerah, berpikir: Oke Ide, mungkin kita berjodoh. Dan saya berjanji, seperti yang sudah saya lakukan beberapa tahun belakangan ini, tidak akan mencukur hanya untuk menyenangkan mata orang lain, karena jujur saja saya nyaman berada dan bertumbuh dalam tubuh berbulu ini. Kami adalah satu paket lengkap yang bahagia.

Malu vs. Keep Rockin
Berbulu diidentikan dengan kejantanan. Terlalu jantan untuk seorang perempuan bisa bersinonim tidak cantik. Sebanyak kaum adam membahas mesin dan sepak bola, sesering itu juga kaum hawa membahas metode „memperempuankan“ badan berbulu. Mulai dari krim yang menjanjikan tumpas sampai tuntas, cukur, cabut pakai benang, waxing pakai gula sampai laser yang mahal namun menjanjikan keabadian. Tapi saya lelah. Asli. Saya lelah merasa asing dalam tubuh sendiri, saya lelah memandang perempuan lain sebagai impian sementara diri sendiri sebagai kenyataan yang gagal. Saya lelah  „menghukum“ diri sendiri dengan rasa kurang indah, kurang cantik, kurang ideal, kurang mancung, kurang putih, kurang ABCD…. Kalau kita terlahir kurang satu tangan, atau satu ginjal, atau satu lubang hidung, itu bisa jadi kendala. Tapi saya, puji Tuhan, terlahir lengkap. Apa salah tubuh ini? Tanpa tubuh ini saya hanyalah jiwa yang melayang-layang tanpa merasakan kehidupan. Sudah dikasi gratis tidak tahu bersyukur. Come on, rock them hair, boo!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar